Senin, 11 Agustus 2014

3.5 Memahami Kinerja I/O BUS Jaringan Kompter

02.05 Posted by Unknown 1 comment


Pengertian Input dan Output :
1. Pengertian Input:
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

2. Pengertian Output:
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

Secara umum, I/O Hardware terdapat beberapa jenis :
-Storage ( Device penyimpanan )
-Transmission Device (Network card,Modem)
-Human –Interface Device (Screen,Keyboard,Mouse)

Device tersebut dikendalikan oleh instruksi I/O. Alamat-alamat  yang dimiliki oleh device akan digunakan oleh  direct I/O instruction dan memory-mapped I/O.
Beberapa konsep yang umum digunakan ialah : port, bus (daisy chain/ shared direct access), dan controller (host adapter.

o Port adalah koneksi yang digunakan oleh device untuk berkomunikasi dengan mesin.
o Bus adalah koneksi yang menghubungkan beberapa device menggunakan  kabel-kabel.
o Controller adalah alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.

Cara kerja peripheral dengan bandwidth tinggi (missal scsi yang mempunyai kecepatan data yang tinggi) dapat disambung dengan bus PCI.

BUS PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT (PCI)

Bus PCI adalah contoh yang baik dari sistem bus yang muncul dari kebutuhan standarisasi. Bus tersebut mendukung fungsi yang terdapat dalam bus prosesor tetapi dalam format terstandarisasi yang lepas dari prosesor tertentu. Perangkat yang terkoneksi ke bus PCI tampak bagi prosesor seakan dihubungkan secara langsung ke bus prosesor. Perangkat tersebut diberi alamat dalam ruang alamat memori pada prosesor.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoQPz77I8YhdHTjXXEl9Sh-IzvDocmCxoiXwUVglqqfoRbA6ujinATnwLp4-gb1APo6MODel0njBRTlXf4wzI5CNnX7LLlkZv1tvzockSW-x0M6vujhn5ToWm3tSWUaQuuqX-rhmH4pbs/s1600/Presentation2.jpg
http://ekofitriyanto.wordpress.com

1 komentar: