Selasa, 05 Agustus 2014

3.2 Memahami kebutuhan komputer terapan untuk aplikasi jaringan komunikasi data

20.11 Posted by Unknown 1 comment
  • Pengertian Komunikasi Data 
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
Melalui Infrastruktur Terestrial : 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN Multiservice dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Melalui Satelit 
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
  • Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal menunjuk kepada komunikasi dengan orang lain. Komunikasi jenis ini dibagi lagi menjadi komunikasi publik, dan komunikasi kelompok kecil.
Contoh komunikasi interpersonal adalah melalui telepon, broadcast, email, remote login, file transfer, Hypertext transfer (HTTP),dll.
  • Tipe Komunikasi Data
    • Teks
    • Suara
    • Gambar
    • Video
Semua tipe data yang dapat disimpan dan diolah pada sebuah komputer dapat ditransfer melalui jaringan komputer.
  • Aplikasi Komunikasi Data :
  1. Fax
  2. Akses online sumber informasi:
    –Sistem informasi akademik
    –Website kampus
    –Katalogtokobuku
  3. Pengunduhan perangkat lunak
  4. E-mail
  5. Online chatting
  6. Video conference
  7. Belanja online
  • Perangkat Jaringan Komputer
1)      Alat : PC, Server, Wireless laptop, Smartphone, dll
2)      Jenis Kabel : Kabel Coaxcial, Kabel Tembaga, Kabel Fiber Optik
3)      Alat untuk meneruskan : Router dan Switch
  • Server
Komputer yang didedikasikan untuk menyediakan sejumlah layanan yang diperlukan
komputer lain (klien).Kebutuhan perangkat tergantung dari layanan yang disediakan
Contoh layanan: server mail  database,server mail,server file sharing
  • Router
Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik jaringan yang menggunakan teknologi sama atau yang berbeda, misalnya menghubungkan jaringan topologi Bus, topologi Star atau topologi Ring.
Berfungsi: – Sebagai penghubung beberapa sub jaringan yang berbeda
-          Untuk meneruskan data pada sub jaringan yang berbeda
  • Switch
    switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).
Berfungsi:– Sebagai penghubung beberapa perangkat pada sub jaringan yang sama
                 –Untuk meneruskan data pada sub jaringan yang sama
  • Modem
    Modem
     berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
    Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan nodem internal.
Modulator mengubah sinyal digital ke dalam sinyal analog sedangkan Demodulator mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, sehingga informas dapat dibaca dengan baik.
  • Access Point ( AP )
Digunakan pada jaringan nirkabel. Perangkat jaringan yang berisi transceiver (transmitter-receiver) dan menerima sinyal ke dan dari klien.Seringkali berfungsi juga sebagai router.

Sumber : http://rizalpamungkassmkmuda.blogspot.com/

1 komentar: